Friday, December 10, 2010

Bukan karena kebanyakan makan biji

Dari dulu kala sudah ada mitos bahwa makan biji jambu, biji cabe bisa mengakibatkan radang usus buntu. Entah dari mana asal muasal mitos tersebut. Tapi dengan seiringnya waktu dan penelitian dokter, pendapat bahwa biji cabe dan biji lainnya sebagai biang radang usus buntu akhirnya hilang.
Selama ini seorang dokter mengatakan bahwa selama dia mengoperasi usus buntu, tidak pernah menemukan biji jambu, biji cabe, biji semangka, dll. Radang usus buntu itu dikarenakan infeksi yang berasal dari makanan yang tidak higinies sehingga  kuman-kuman menyebar kemana-mana bahkan ke kelenjar limph disekitar muara usus buntu. Jika semakin meradang dan mengalami pembengkakan akan mengakibatkan gerakan peristaltik di usus buntu tidak normal. Sehingga segala  kotoran yang  masuk ke usus buntu tidak dapat dikeluarkan lagi.
Usus buntu mempunyai gerakan peristaltik (gerakan memompa ke atas jika ada benda-benda yang masuk). Jadi usus buntu normal kalau ada benda yang nyasar pasti akan didorong keluar lagi. Termasuk biji cabe dan biji lainnya akan sulit untuk bersemayam didalamnya.


Tips; banyak-banyaklah minum air putih

No comments:

Post a Comment