Thursday, December 9, 2010

Macam cabe

Cabe digolongkan menjadi cabai besar, kecil, hibrida dan hias.
Cabe besar; cabe merah besar dan cabe keriting. Cabe merah besar tidak seberapa pedas, sedang cabe keriting lebih pedas dimana cirinnya permukaan kulit tidak halus.
Cabe kecil/rawit: mempunyai rasa yang sangat pedas, tetapi tidak smuanya sangat pedas tergantung dengan warnanya yang dibedakan menjadi ; merah, hijau dan putih.
Cabe Hibrida ; mempunyai beberapa jenis yaiu long chili, hero, paprika.
Tetapi yang dijual di pasaran dibagi menjadi dua yaitu cabai kecil dan besar. Cabe kecil yg biasa disebut rawit dan yang besar disebut cabe merah. Cabe rawit mempunyai beberapa jenis cabe ceplik, jemprit, cabe putih. Cabe ceplik yang bentuknya montok dan berujung tumpul, dimana saat muda berwarna hijau muda dan tuanya akan berubah menjadi merah tua. Cabe jemprit berukuran kecil dan berujung runcing, dimana waktu muda berwarna hijau gelap hingga menjadi merah waktu tuanya. Cabe putih, saat muda berwarna kuning dan menjadi merah muda sampai jingga.
Cabe merah atau yang biasaa diseut dengan cabe keriting yang bentuknya kurus . Selain itu cabe rawit dan cabe keriting adapula cabe paprika yang ukurannya besar, berwarna hijau hingga merah saat tuanya.Ada pula yang berwarna kuning.

No comments:

Post a Comment