Monday, December 20, 2010

Serbuk cabe sebagai gurah

              Polusi udara yang kotor baik di luar rumah ataupun di dalam rumah tentulah banyak debu, asap, dll. Polusi tersebut akan masuk ke saluran pernafasan kita yang akan berpengaruh dengan kesehatan kita.
Salah satu cara untuk mengeluarkan debu dari paru-paru kita yaitu dengan cara gurah. Gurah adalah pengobatan tradisional dengan mengeluarkan lendir/dahak yang kotor, beracun atau mengandung kuman penyakit .
              Ini adalah pengalaman pribadi , dimana hidung saya  sangat sensitif sekali terhadap debu, asap,dll. Sehingga menyebabkan tenggorok berasa tidak enak alias beriak atau berlendir, yang akan menganggu saluran pernafasan. Jika dahak dikeluarkan secara paksa kadang terasa sakit. Suatu hari tanpa sengaja menghirup serbuk cabe, setelah beberapa saat, hidung akan berasa mengeluarkan lendir, kadang dahak lewat mulut. Semua itu bisa berlangsung selama 2-3 hari, seperti layaknya orang lagi kena pilek :). Setelah itu lendir akan berhenti dengan sendirinya, yang berarti paru-paru sudah bersih dari riak / dahak.... :)

No comments:

Post a Comment